Terkadang anda merasa perlu untuk memberi password pada file microsoft anda, terlebih apabila isi dari file microsoft excel tersebut adalah data-data yang penting. Dengan memberi password file microsoft excel, tentu saja akan mencegah orang lain untuk mengakses file tersebut, sehingga data yang ada di dalamnya akan aman.
Oke, tanpa banyak basa-basi lagi, perhatikan langkah-langkah berikut untuk memberi password file microsoft excel anda :
1. Buka dulu file microsoft excel yang ingin anda beri password.
2. Klik "FILE" yang ada di pojok kiri atas (lihat gambar).
3. Selanjutnya klik Info ---) Protect Workbook ---) Encrypt With Password
NOTE :
Apabila anda menggunakan Microsoft Office 2007 (atau yang lebih rendah), ada sedikit perbedaan letak 'Encrypt with Password' nya. Di Microsoft Office 2007, namanya bukan 'Encrypt with Password', tapi 'Encrypt Document', bisa ditemukan di Icon Office (pojok kiri atas) ---) Prepare ---) Encrypt Document
4. Masukkan Password yang anda inginkan. Kemudian klik OK.
Perhatikan besar kecil huruf yang anda gunakan. Karena passwordnya bersifat 'case-sensitive', besar kecil huruf berpengaruh.
5. Simpan file anda (CTRL + S), tutup file nya, dan coba buka kembali file tersebut.
Nah, sekarang untuk membuka file tersebut, harus memasukkan password yang kita buat tadi terlebih dahulu. Apabila password yang dimasukkan salah, maka file tidak akan bisa terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar